(。◕‿◕。) RAIH PRESTASI



Assalamu'alaikum. Di dalam blog ini terdapat sekumpulan materi sekolah maupun kuliah. Ingin usul materi lain?
Silakan tinggalkan komentar / isi guest book di sidebar sebelah kanan ya.
Bagi-bagi ilmu sambil cari rezeki. Bismillah. Kami menjual aneka gamis, baju couple, sandal karakter, garskin HP, garskin notebook / laptop, stiker pengiriman, desain brosur, dll. Minat? Just comment. :)

Warm regards

-Ririt & Riana-

Kursor

Cute Hello Kitty 13

Jumat, 14 Desember 2012

CONTOH SOAL PERTANYAAN TENTANG BISNIS +JAWABAN

Berikut ini adalah contoh soal dan jawaban dari responsi proses analisa bisnis:

  1. Apakah yang dimaksud dengan binis?
Jawab: Bisnis adalah aktifitas untuk memeneuhi kebutuhan customer melalui suatu proses produksi (produk/jasa) dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

  1. Apakah yang dimaksud dengan proses binis?
Jawab: Proses bisnis adalah serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi.

  1. Apakah yang dimaksud dengan analisa proses binis?
Jawab: Analisa proses bisnis adalah semua aktifitas yang membantu kita untuk memahami bagaimana sebuah bisnis melakukan fungsinya dan bagaimana mengimplementasikan misinya.

  1. Apa sajakah karakteristik umum yang harus dimiliki suatu proses bisnis?
Jawab: Karakteristik umum yang harus dimiliki suatu proses bisnis adalah:
    1. Definitif: Suatu proses bisnis harus memiliki batasan, masukan, serta keluaran yang jelas.
    2. Urutan: Suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurut sesuai waktu dan ruang.
    3. Pelanggan: Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses.
    4. Nilai tambah: Transformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah pada penerima.
    5. Keterkaitan: Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait dalam suatu struktur organisasi.
    6. Fungsi silang: Suatu proses umumnya, walaupun tidak harus, mencakup beberapa fungsi.
  1. Kapan seharusnya kita melakukan proses bisnis?
Jawab: Setiap saat selama proses bisnis masih berlangsung

  1. Siapa yang seharusnya bertanggung jawab untuk melakukan analisis proses bisnis?
Jawab: Yang seharusnya bertanggung jawab untuk melakukan analisis proses bisnis adalah: Bisnis analis, system analysts dan manajer mempunyai tanggung jawab dalam melakukan analisis terhadap proses bisnisnya. Selain itu individu-individu yang ada didalam organisasi juga perlu terlibat untuk memberikan masukan berkaitan dengan proses bisnis organisasinya

  1. Apakah yang dimaksud dengan kejadian-kejadian operasional?
Jawab: Kejadian-kejadian operasional adalah aktivitas-aktivitas operasional yang dilakukan dalam suatu proses bisnis saat menyediakan barang atau jasa bagi pelanggan.

  1. Apa sajakah contoh kejadian-kejadian operasional pada proses bisnis?
Jawab: Contoh kejadian-kejadian operasional pada proses bisnis penjualan atau pengumpulan:
Kejadian 1: Memasarkan barang.
Kejadian 2: Menerima pesanan dari pelanggan.
Kejadian 3: Mengirimkan barang pesanan.
Kejadian 4: Menerima pembayaran.

  1. Terdiri dari apa sajakah kejadian-kejadian informasi itu?
Jawab: Pada kejadian-kejadian informasi terdiri dari tiga (3) aktivitas, yaitu:
  • Mencatat data tentang kejadian-kejadian operasional
  • Memelihara data yang penting bagi organisasi
  • Melaporkan informasi yang berguna bagi para pengambil keputusan.

  1. Apakah yang dimaksud dengan kejadian-kejadian keputusan? Dan berilah contoh kejadian-kejadian keputusan!
Jawab: Kejadian-kejadian keputusan adalah aktivitas-aktivitas di mana para pimpinan membuat keputusan tentang perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan penilaian proses-proses bisnis. Contoh:
Pimpinan memutuskan untuk membuat produk baru.
Pimpinan memutuskan untuk membuka sebuah cabang baru.

  1. Apa saja faktor-faktor kritis (Critical Success Factor) dari suatu perkembangan proses bisnis?
Jawab: Faktor-faktor kritis (Critical Success Factor) dari suatu bussiness process improvement adalah:
  • Resourcess
  • Change Management
  • Top-Down Commitment
  • Bottom-up (functional) support
 
  1. Sebutkan prinsip-prinsip perbaikan proses bisnis!
Jawab: Prinsip-prinsip perbaikan proses bisnis adalah:
  • Organize Around Outcome, not task
  • Process Modernization preceeds automation
  • Use of benchmarking and other technique to regularly asses the costs and benefits of functional process
  • Establish process ownership (responsibility, accountability, and authority)
  • Subsome information-processing work into the real work that produces the information.
  • Put decision point where work is performed, and build control into the process.
  • Standardize similar processes
  • Customer Focus
  • Change now! Don’t wait for a perfect solution!
  • Build new systems only as a last resort

  1. Proses bisnis (bussiness process) harus bisa mengacu pada tiga (3) kendali utama perbaikan proses yaitu dilihat dari:
  • Speed atau kecepatannya
  • Cost atau biayanya
  • Quality atau kualitasnya


Selamat Belajar! :)


Mau cari apa di blog ini?

2 komentar:

  1. terimakasih sangat mmbntu buat uts

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama :) Terimakasih telah berkunjung ke blog kami.

      Hapus

Pembaca yang budiman.
Silakan tinggalkan komentar.
We'll be glad to respond your comment(s). ^_^

Copyright© All Rights Reserved ayoraihprestasi.blogspot.com