(。◕‿◕。) RAIH PRESTASI



Assalamu'alaikum. Di dalam blog ini terdapat sekumpulan materi sekolah maupun kuliah. Ingin usul materi lain?
Silakan tinggalkan komentar / isi guest book di sidebar sebelah kanan ya.
Bagi-bagi ilmu sambil cari rezeki. Bismillah. Kami menjual aneka gamis, baju couple, sandal karakter, garskin HP, garskin notebook / laptop, stiker pengiriman, desain brosur, dll. Minat? Just comment. :)

Warm regards

-Ririt & Riana-

Kursor

Cute Hello Kitty 13

Jumat, 21 September 2012

REVIEW JURNAL PSIKOLOGI LINTASBUDAYA


Oleh: Dimas Aldi Saifuddin
Universitas Diponegoro Semarang

  1. Judul Jurnal
Kekuatan Karakter dan Kebahagiaan Pada Suku Jawa
  1. Latar Belakang
Sekarang ini, pasar modern (ritel) memberikan banyak alternatif pada konsumen sebagai tempat untuk berbelanja. Banyaknya alternatif itu menyebabkan pasar modern harus memperhatikan berbagai faktor, yang salah satu diantaranya adalah faktor persepsi konsumen yang memengaruhi perilaku konsumen untuk mengambil keputusan memilih tempat berbelanja yang menurut mereka yang terbaik.
  1. Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kekuatan karakter dan kebahagiaan pada suku Jawa, khususnya tentang bagaimana sumbangan kekuatan karakter terhadap kebahagiaan.
  1. Metode
  1. Hipotesis
Ho : Tidak ada hubungan kekuatan karakter dan kebahagiaan pada suku Jawa.
H1 : Ada hubungan kekuatan karakter dan kebahagiaan pada suku Jawa.
  1. Variabel
  1. Variabel bebas : Kekuatan karakter
  2. Variabel tergantung : Kebahagiaan
  1. Populasi dan Subjek
Karakteristik populasi dalam penelitian ini adalah
(1) bersuku Jawa
(2) berusia 18-55 tahun
(3) berpendidikan terakhir minimal SMA atau sederajat
(4) berdomosili di daerah Jawa (Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta) serta daerah Jakarta dan sekitarnya (Jakarta, Bogor,
Depok, Tangerang, Bekasi).
Dalam penelitian ini, sampel penelitian diperkirakan berjumlah 100 orang atau lebih. Dari 220 kuesioner yang disebar, jumlah kuesioner yang dapat (berhasil) diolah adalah sebanyak 176 buah.
  1. Metode Pengumpulan
Data dikumpulkan menggunakan
instrument penelitian kuesioner yang berbentuk skala pelaporan sendiri.
  1. Teknik Pengolahan Data
Untuk perhitungan statistik dalam penelitian ini digunakan program SPSS adapun teknik analisis data adalah :
  • Analisis statistik deskriptif
  • Analisis regresi ganda
  • Uji t
  • Uji analisis sidik ragam

  1. Hasil dan Pembahasan
  • Norma teoritis dipilih agar dapat mencakup semua nilai skor. Hasilnya, diketahui bahwa mayo-ritas partisipan, yaitu sebanyak 146 orang (83%) memiliki tingkat kebahagiaan yang tinggi. Selanjutnya 30 partisipan lainnya (17%) memiliki tingkat kebahagiaan se-dang, sementara yang memiliki tingkat kebahagiaan rendah tidak ada sama sekali (0%).
  • Untuk mengetahui gambaran kekuatan karakter, dibuat norma teoritis atau norma berdasarkan alat ukur. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas partisipan berada pada kriteria skor tinggi, meskipun sebagian partisipan lain menempati kriteria skor rendah dan sedang. Hal yang agak berbeda terjadi pada kekuatan ka-rakter kreativitas. Pada kekuatan karakter tersebut, mayoritas partisipan menempati kriteria skor sedang, yaitu sebanyak 95 orang (54%), sementara partisipan yang menempati kriteria skor tinggi terdapat sebanyak 76 orang (43.2%).
  • Untuk mengetahui lima kekuatan karakter utama, dihitung rerata masing-masing kekuatan karakter dengan perhi-tungan statistik deskriptif dan membuat urutan dari nilai rerata yang terbesar hingga yang terkecil. Lima kekuatan karakter utama pada suku Jawa yaitu: berterima kasih dengan nilai rerata 5.24; kebaikan dengan nilai rerata 5.04; kepen-dudukan dengan nilai rerata 5.01; keadilan dengan nilai rerata 5.00; dan integritas dengan nilai rerata 4.92.
  • Hubungan antara kebahagiaan dan kekuatan karakter dijawab dengan per-hitungan statistik menggunakan teknik regresi ganda. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa koefisien regresi (R) yang didapat dari sumbangan skor total 24 kekuatan karakter terhadap skor total kebahagiaan adalah sebesar 0.697 dan signifikan pada l.o.s 0.05 (p=0.000). Dengan demikian hipotesis null (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti terdapat hubungan antara kekuatan karakter dan kebahagiaan. Koefisien determinan (R2) sebesar 0.486, menandakan bahwa 24 kekuatan karakter secara bersama-sama memberi sumbangan yang bermakna terhadap kebahagiaan sebesar 48.6%, sedangkan 51.4% lainnya disumbang oleh hal lain.
  • Hasil menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap kebahagiaan secara signifikan adalah usia, jenis peker-jaan, tingkat pendidikan, dan tempat tinggal. Sementara jenis kelamin, jumlah pengeluaran, status pernikahan, dan ke-ikutsertaan dalam organisasi tidak ber-pengaruh terhadap kebahagiaan suku Jawa pada penelitian ini.
  • Bila melihat kembali pada bagian hasil, dari kekuatan karakter yang utama sampai 10 besar, yaitu berterima kasih, kebaikan, kependudukan, keadilan, inte-gritas, kegigihan, keagamaan, harapan, keterbukaan pemikiran, dan kerendahan hati. Keutamaan yang didapat paling banyak adalah keadilan dan kelebihan.

  1. Kesimpulan
  • Terdapat hubungan antara kekuatan karakter dan kebahagiaan pada suku Jawa dan kekuatan karakter memberi sumbangan yang bermakna (signifikan) terhadap kebahagiaan suku Jawa.
  • Lima (5) kekuatan karakter utama pada suku Jawa yang ditemukan dalam penelitian ini ialah berterima kasih, kebaikan, kependudukan, keadilan, dan integritas.
  • Kekuatan karakter yang memberikan sumbangan bermakna terhadap kebahagiaan pada suku Jawa adalah kegigihan, kreativitas, persfektif, keadilan, vitalitas, keingin-tahuan, dan pengampunan.
  • Orang Jawa dapat melakukan identifikasi lima kekuatan karakter utama ter-hadap dirinya sendiri sehingga secara tidak langsung akan mendorong pem-bentukan citra diri yang positif dan dapat mengikis stereotip negatif pada orang Jawa yang bertentangan dengan lima kekuatan karakter tersebut.
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi pendidikan sese-orang, hidupnya dapat menjadi lebih bahagia.
     

Mau cari apa di blog ini?

2 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia
    Artikel yang menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama. Senang bisa membuat senang orang lain. :)

      Hapus

Pembaca yang budiman.
Silakan tinggalkan komentar.
We'll be glad to respond your comment(s). ^_^

Copyright© All Rights Reserved ayoraihprestasi.blogspot.com