Faktor manusia dapat dipandang sebagai
sistem pemroses informasi:
· informasi diterima dan ditanggapi
melalui saluran I/O
· informasi disimpan dalam ingatan
(memory)
· informasi diproses dan diaplikasikan
dalam pelbagai cara
Kapasitas manusia satu dengan yang lain dalam menerima
rangsang dan memberi reaksi berbeda satu dengan yang lain. Hal ini menjadi
faktor yang harus diperhatikan dalam merancang interface.
Aspek dalam sistem komputer:
· Aspek hardware
· Aspek software
· Aspek brainware
Kegiatan memodelkan manusia adalah
kegiatan yang cukup sulit karena manusia menggunakan panca indera. Panca indera
manusia:
· Mata: benda, ukuran, warna, bentuk,
kepadatan, dan tekstur
· Telinga: nada, warna nada, pola titik
nada, intensitas, frekuensi
· Hidung: membedakan bau
· Lidah: membedakan rasa manis, kecut, pahit,
asin
· Kulit: merasakan tekanan dan suhu
Saluran
input-output
Pandangan (Vision)
Ada 2 tahap dalam
vision:
·
Penerimaan fisik dari suatu stimulus
· Pengolahan dan interpretasi dari
stimulus
Alat fisik : mata
· mekanisme untuk menerima cahaya dan
mentransformasikannya ke dalam energi elektrik cahaya memantul dari
objek-objek; citra dari mereka difokuskan terbalik pada retina
· retina mengandung rods (organ
berbentuk batang) untuk pandangan cahaya lemah dan cones (organ berbentuk
kerucut) untuk pandangan berwarna
· sel ganglion (simpul/pusat syaraf)
mendeteksi pola dangerakan
Istilah dalam Penglihatan/Visual
1. Luminans (kejelasan objek)
· Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh
permukaan obyek
· Semakin besar luminans sebuah obyek,
rincian obyek yang dapat dilihat oleh mata akan semakin bertambah
2. Kontras
· Selisih antara luminans obyek dengan
luminans latar belakang
· Nilai kontras dapat positif atau
negatif
· Nilai kontras negatif akan membuat
obyek tidak nampak
3. Kecerahan
· Tanggapan
subyektif pada cahaya
· Tidak ada
kaitan dengan luminans dan kontras, namun luminans dapat berimplikasi pada
kecerahan
4. Sudut
dan Ketajaman Penglihatan
· Sudut penglihatan (visual angle):
sudut yang dibentuk antara obyek dengan mata
· Ketajaman penglihatan (visual
acuity): sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah
obyek dengan jelas
5. Medan Penglihatan
Medan
Penglihatan adalah sudut yang dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan
ke kanan terjauh
· Daerah
I, penglihatan binokuler
· Daerah II, penglihatan monokuler kiri
· Daerah III, penglihatan monokuler
kanan
6. Warna
· Terbentuk dari hue (corak), intensity (intensitas),
saturation (kejenuhan)
· Cones sensitif terhadap panjang
gelombang warna
· Ketajaman pandangan warna biru adalah
yang paling rendah
· Sistem visual mengkompensasikan diri
untuk pergerakan dan perubahan dalam kejelasan pandangan (luminance)
Sedangakan
dalam segi faktor pendengaran , untuk manusia dengan penglihatan dan
pendengaran normal, pendengaran merupakan indra kedua terpenting setelah
penglihatan (vision) dalam interaksi manusia-komputer. Sebagian besar orang
dapat mendeteksi suara pada kisaran frekuensi 20 Hz hingga 20 KHz, tetapi batas
bawah dan batas atas tersebut dipengaruhi faktor kesehatan dan usia.
Pendengaran yang lebih sensitif dapat mendeteksi suara pada kisaran 1000 – 4000
Hz, yaitu setara dengan batas atas dua oktaf keyboard piano.
Sedangkan untuk sentuhan,untuk keperluan interaksi manusia –
komputer, sentuhan mempunyai peringkat ketiga setelah penglihatan dan
pendengaran. Tetapi, pada orang buta sentuhan merupakan indera utama dalam
interakinya dengan dunia luar, disamping pendengaran (jika tidak buta tuli).
Sebagai contoh penggunaan jari sensitif untuk pemasukan identitas pada suatu
ruangan khusus, juga menjalankan suatu aplikasi dengan sistem getaran dan jari
sensitif.
Sedangkan
dalam segi perasa dan penciuman tidak bermanfaat secara khusus dalam
perancangan suatu sistem manusia-komputer; dikaranakan kedua indera ini bukan
indra yang utama dan belum adanya pengembangan di bidang komputer interaktif
serta tingkat akurasi yang lemah dari kedua indera ini pada sebagian besar
orang. Sebagai tambahan, indera perasa dan penciuman sangat tergantung pada
tingkat kesehatan. Walaupun sesungguhnya indera perasa dan penciuman dapat
dilatih, dan terdapat orang-orang dengan tingkat perasa dan penciuman yang
tinggi.
Pemodelan
Sistem Pengolahan
- Model sistem pengolahan manusia terdiri dari pengolahan
perseptual, pengolahan intelektual dan pengendalian motorik yang
beinteraksi dengan memori manusia.
- Model sistem komputer terdiri
dari pengolah (processor) dan memori. Interaksi keduanya melalui
bus
Pengendalian
Motorik
Pengendalian
motorik pada manusia dapat dilatih untuk mencapai taraf tertentu seperti
mengetik 10 jari untuk kecepatan 1000 huruf permenit
Memori
Manusia
Karena
terbatasnya kapasitas memori sensor, tidak semua informasi dapat diolah, hanya
sebagian Informasi yang dapat diteruskan ke tipe memori lain yang lebih permanen,
sebagian lagi akan hilang/tertimpa setiap kali diperoleh informasi baru.
Sensory
stores
Sensori
untuk merasakan. Buffer (penyangga) untuk stimuli (rangsangan)
·
Iconic - visual stimuli (rangsangan
visual)
· Echoic - aural stimuli (rangsangan
suara)
·
Haptic-touch
stimuli (rangsangan sentuhan)
Dapat dipandang sebagai sekumpulan
register penyangga temporer. Informasi yang masuk akan dinyatakan dalam bentuk
takterproses atau tak terkodekan. Informasi disimpan dalam bentuk fisik dan
bukan dalambentuk simbolik yang secara terus menerus akan diperbarui. Pemilihan
rangsangan diatur oleh selera/gairah.
Short-term
memory
1) Dapat
dipandang sebagai penyimpan temporer
2) Informasi
yang masuk akan dinyatakan dalam bentuk terkodekan bukan dalam bentuk fisik
3) Sering
disebut sebagai working memory
4) Lapisan
scratch(scratch pad) untuk pengingatan kembali sementara
· akses cepat = 70ms
· penghilangan cepat = 200ms
· kapasitas terbatas
5) Recency
effect-recall sesuatu yang terakhir dilihat lebih baik
daripada
recall item-item yang lebih dulu
Long-term
memory
1) Informasi yang masuk melalui kesadaran
penuh yang disebut proses “belajar” atau lewat proses bawah sadar yang terjadi
berulang-ulang
2) Berbasis semantik dan diakses secara
asosiatif
3) Sifat penyimpanannya sukar dilupakan
4) Tempat penyimpanan (repository) untuk
semua pengetahuan kita
· akses pelan = 1/10s
· decay(penghilangan) pelan,jika ada
· kapasitas yang besar atau tidak
terbatas
5) Ada dua jenis
· Episodik-memory berurutan dari
kejadian-kejadian
· Semantik-memory terstruktur dari
fakta-fakta,konsep dan ketrampilan
Penyelesaian Masalah
Adalah suatu proses menemukan solusi
untuk tugas-tugas yang tidak familiar dengan menggunakan ilmu pengetahuan.
Teori
Penyelesaian Masalah - Gestalt
· Penyelesaian masalah baik produktif
dan reproduktif
· Penyelesaian masalah produktif
menempatkan dirinya dari dalam dan merestrukturisasi permasalahan
· Atraktif tetapi tak cukup ada bukti
untuk menjelaskan situasi dan lain-lain
· Berpindah dari behavioralism (paham
perilaku) dan mengarah pada teori-teori pemrosesan informasi
Teori
Penyelesaian Masalah – Teori ruang permasalahan (problem space)
· Ruang permasalahan terdiri dari
bagian/keadaan (states) permasalahan
· Penyelesaian masalah melibatkan
pembangkitan states (keadaan) menggunakan operator-operator legal
· Beroperasi dalam sistem pemrosesan
informasi manusia, contoh: batasan memory jangka pendek
· Banyak diaplikasikan untuk
penyelesaian masalah dalam area yang sudah dikenal, contoh: puzzle
· Heuristics dapat digunakan untuk
memilih operator
Teori
Penyelesaian Masalah – Analogi
· Permasalahan yang baru diselesaikan
dengan menggunakan pengetahuan dari domain yang serupa dalam domain
baru-pemetaan secara analogi
· Pemetaan secara analogi kemungkinan
sulit jika domainnya secara semantik berbeda
Kesalahan dan Model Mental
1) Jenis-jenis kesalahan:
· Slips(selip/terpeleset/tergelincir)-perubahan
aspek perilaku berketrampilan dapat menyebabkan selip
· Pemahaman yang tidak benar-manusia
menciptakan model mental untuk menjelaskan perilaku/kebiasaan. Jika salah
(berbeda dari sistem aktual) kesalahan dapat saja terjadi.
2) Perbedaan individu (berdasarkan jangka
waktunya):
· Jangka panjang - jenis kelamin, fisik
dan kemampuan intelektual
· Jangka pendek - efek dari stres
(tertekan) atau keletihan
· Perubahan - usia
😊
huhuhuhu penuh dengan informasi neh :)
BalasHapusSemoga bermanfaat! ^_^
HapusBnyak info^^
BalasHapusTerimakasih. Semoga sedikit memberi pencerahan yaa hihi :D
Hapusgood info..hihi
BalasHapusThank you. May this post will help you a little. :)
Hapus