(。◕‿◕。) RAIH PRESTASI



Assalamu'alaikum. Di dalam blog ini terdapat sekumpulan materi sekolah maupun kuliah. Ingin usul materi lain?
Silakan tinggalkan komentar / isi guest book di sidebar sebelah kanan ya.
Bagi-bagi ilmu sambil cari rezeki. Bismillah. Kami menjual aneka gamis, baju couple, sandal karakter, garskin HP, garskin notebook / laptop, stiker pengiriman, desain brosur, dll. Minat? Just comment. :)

Warm regards

-Ririt & Riana-

Kursor

Cute Hello Kitty 13

Sabtu, 15 Maret 2014

SOAL TEKNOLOGI MOBILE JARINGAN NIRKABEL

SOAL

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan mobile technology!
2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Converged Network!
3.      Jelaskan cara kerja GPS !
4.      Jelaskan cara kerja mekanisme LBS Angle of Arrival !
5.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan teknologi cellular !
6.   Jelaskan Mekanisme CSMA/CD dimana penggunaannya dan apa perbedaannya dengan CSMA/CA !
7.      Jelaskan kelebihan dan kelemahan teknologi WiFi!
8.      Jelaskan 3 layanan yang dapat dilakukan dengan teknology bluetooth berikan cotohnya juga!

JAWAB

1.   Teknologi mobile adalah A technology that allows transmission of data via computer, without having to be connected to a fixed physical link.
Suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi.

2.   Konvergesi jaringan (network convergence) adalah integrasi beberapa aplikasi media (data, suara, video, gambar) menjadi sebuah platform packet-based umum yang disediakan oleh Internet Protocol (IP).
Contoh: internet -----> sebagai jaringan, internet merupakan konvergensi antara komputer dengan teknologi jaringan serta infrastruktur telekomunikasi telepon (PSTN dan nirkabel/ wireless). Sebagai device (alat) internet merupakan konvergensi fungsi transmisi data, gambar, suara dan gambar bergerak.

3.  Cara kerja GPS (Global Positioning System) adalah dengan menangkap sinyal dari satelit. Dengan GPS kita bisa mengetahui posisi kita di belahan muka Bumi ini, jadi kita tidak lagi tersesat bila kita tahu arah dan posisi yang kita tuju, oleh karenanya penting sebagai salah satu perlengkapan survival.
GPS sendiri dalam menentukan titik letak di Bumi mengunakan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal yang mengunakan menggunakan 24 satelit, satelit tersebut kemudian mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima (GPS receiver) di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu.
GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.
Satu hal yang perlu di perhatikan, Karena GPS bekerja mengandalkan satelit, maka penggunaannya disarankan di tempat terbuka. Penggunaan di dalam ruangan, akan berakibat GPS tidak akan bekerja secara akurat dan maksimal.

4.      Cara Kerja LBS (Location Based Services) yaitu
Untuk menggambarkan cara kerja LBS, anggaplah aplikasi LBS akan mencarikan informasi mengenai lokasi restoran yang berada di sekitar posisi pengguna.
  • Anggaplah sekarang fungsi pencarian telah diaktifkan, posisi pengguna sebenarnya dari perangkat mobile diperoleh dari Positioning Service. Hal ini dapat dilakukan baik oleh perangkat menggunakan GPS sendiri atau layanan posisi jaringan yang berasal dari provider (Cell Tower). Setelah itu perangkat mobile pengguna mengirimkan permintaan informasi, yang berisi tujuan untuk mencari dan mengirimkan posisi melalui jaringan komunikasi ke gateway telekomunikasi.
  • Gateway memiliki tugas untuk bertukar pesan di antara jaringan komunikasi selular dan internet. Oleh karena itu dia mengetahui alamat web dari beberapa aplikasi server dan rute permintaan ke spesifik server tertentu. Gateway akan menyimpan juga informasi tentang perangkat mobile yang telah meminta informasi
  • Aplikasi server membaca permintaan dan mengaktifkan layanan yang terkait.
  • Kemudian, service menganalisis lagi pesan dan memutuskan mana informasi tambahan selain criteria pencarian (restoran + padang) dan posisi pengguna diperlukan untuk menjawab permintaan pengguna. Dalam kasusu ini service  akan menemukan bahwa pengguna membutuhkan informasi tentang restoran dari database yellow pages pada wilayah tertentu dan kemudian service  tersebut akan meminta penyedia data untuk memberikan data tersebut
  • Selanjutnya service akan menemukan bahwa informasi tentang jalan, jarak dan cara yang diperlukan untuk memeriksa apakah restoran dapat dicapai
  • Setelah sekarang semua informasi service akan melakukan buffer spasial dan query routing untuk mendapatkan beberapa restoran terdekat. Setelah menghitung daftar restora terdekat, hasil dikirim kembali ke pengguna melalui internet, gateway  dan jaringan mobile.
  • Kemudian, informasi mengenai restoran akan disampaikan kepada pengguna baik dalam bentuk peta digital.

5.   Pengertian dari teknologi cellular adalah hasil pengembangan dari teknologi radio yang dikombinasikan dengan teknologi telepon. Dari kombinasi ini dihasilkan teknologi telekomunikasi seluler dengan pirantinya yang bersifat wireless (tanpa kabel), portable (mudah dibawa) dan mobile (dapat dibawa berpindah tempat). 

6.   CSMA CD (Carrier Sense Multiple Access - Collision Detection)
  •  The device monitors the media for the presence of a data signal
  •  If a data signal is absent, indicating that the media is free, the device transmits the data
  •  If signals are then detected that show another device was transmitting at the same time, all devices stop sending and try again later
  • While Ethernet networks are designed with CSMA/CD technology, with today’s intermediate devices, collisions do not occur and the processes utilized by CSMA/CD are really unnecessary
  • Wireless connections in a LAN environment still have to take collisions into account

CSMA CA (Carrier Sense Multiple Access - Collision Avoidance)
  • Device examines the media for the presence of data signal - if the media is free, the device sends a notification across the media of its intent to use it
  • The device then sends the data.
  • Used by 802.11 wireless networking technologies 

7. Kelebihan, keunggulan, keuntungan Wi-Fi antara lain :
  • Memungkinkan Local Area Network untuk di pasang tanpa kabel, hal ini juga sekaligus akan mampu mengurangi biaya untuk pemasangan dan perluasan jaringan. Selain itu juga Wi-Fi dapat dipasang di area yang tidak dapat di akses oleh kabel, seperti area outdoor.
  • Wi-Fi merupakan pilihan jaringan yang sangat ekonomis karena harga paket ship Wi-Fi yang terus menurun.
  •  Produk Wi-Fi tersedia secara luas di pasaran.
  • Wi-Fi adalah kumpulan standard global di mana klien Wi-Fi yang sama dapat bekerja di negara-negara yang berbeda di seluruh dunia.
  • Protocol baru untuk kualitas pelayanan damn mekanisme untuk penghematan tenaga membuat Wi-Fi sangat cocok untuk alat yang bentuknya sangat kecil dan aplikasi yang latency-sensitif (contohnya : suara dan video).
  •  Network ini di design untuk punya symetric up and down speed

Kekurangan, kelemahan, kerugian Wi-Fi adalah :
  • Penggunaan baterai relative lebih tinggi apabila dibandingkan dengan penggunaan standar, sehingga menyebabkan baterai cepat lemah atau habis (mempersingkat daya tahan baterai) dan menyebabkan panas.
  • Bentuk Wireless enkripsi standar yang paling terkemuka. Wired Equivalent Privacy atau di persingkat WEP, telah menunjukkan fakta bahwa ia dapat di hancurkan (dikacaukan sinyal atau frekuensinya) meskipun telah di konfirmasikan secara benar.
  •  Jaringan Wi-Fi bisa di monitor dan di gunakan untuk membaca dan menduplikasikan data (termasuk di dalamnya data0data pribadi) yang disalurkan melalui jaringan ketika tidak ada akses tertutup, seperti VPN
  •  Jika tembok batas akses Wi-Fi tidak terproteksi secara kuat untuk sebatas pada pemakai intern, maka network Wi-Fi bisa di akses bebas ber-internet.

8.  Layanan bluetooth:
  •  File transfer : to PC, from PC
  • Internet bridge: meneruskan data berdasarkan alamat MAC dari perangkat pengirim dan penerima, mampu meminimalisir terjadinya collision
  •   LAN access : networking
  • Synchronization with Office / Outlook
  •  Headset audio

Mau cari apa di blog ini?

2 komentar:

Pembaca yang budiman.
Silakan tinggalkan komentar.
We'll be glad to respond your comment(s). ^_^

Copyright© All Rights Reserved ayoraihprestasi.blogspot.com