(。◕‿◕。) RAIH PRESTASI



Assalamu'alaikum. Di dalam blog ini terdapat sekumpulan materi sekolah maupun kuliah. Ingin usul materi lain?
Silakan tinggalkan komentar / isi guest book di sidebar sebelah kanan ya.
Bagi-bagi ilmu sambil cari rezeki. Bismillah. Kami menjual aneka gamis, baju couple, sandal karakter, garskin HP, garskin notebook / laptop, stiker pengiriman, desain brosur, dll. Minat? Just comment. :)

Warm regards

-Ririt & Riana-

Kursor

Cute Hello Kitty 13

Selasa, 04 Desember 2012

RESUME BAHASA PEMROGRAMAN C++


taken from pinoy.com
1. Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980an berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute). Pertama kali prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan fasilitas kelas. Bahasa tersebut disebut C dgn kelas (C with class). Selama tahun 1983-1984, bahasa C dengan kelas disempurnakan dengan menambahkan fasilitas pembebanlebihan operator & fungsi yang kemudian melahirkan apa yang disebut C++. Simbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, simbol itu muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C.

  1. Pemrograman Berorientasi Objek
Sampai saat ini, program dianggap sebagai sekumpulan procedure yang melakukan aksi terhadap data. Procedure, atau function, adalah suatu set instruksi khusus yang dieksekusi secara bergantian. Data terpisah dari procedure, dan trik pemrogramannya adalah
menjaga urutan pemanggilan fungsi, dan data apa yang diubah. Dalam demikian terciptalah program yang terstruktur.



Ide dari pemrograman terstruktur adalah memecah program yang besar menjadi kecil sehingga lebih mudah dipahami. Program-program lama memaksa pengguna untuk melakukan langkah-perlangkah melalui layar monitor. Sedangkan program modern menyajikan semua pilihan sekaligus dan merespon aksi pengguna. OOP berusaha untuk memenuhi kebutuhan itu, menyediakan teknik untuk mengelola kompleksitas, mencatat penggunaan ulang komponen software dsb. Inti dari OOP adalah memperlakukan data dan procedure sebagai sebuah objek berisi entitas dengan identitas dan ciri yang khusus.

  1. C++ dan Object Oriented Programming

Tiga karakteristik utama dari bahasa yang berorientasi objek adalah

1. Encapsulation

2. Inheritance

3. Polymorphisme.



Tiga ciri diatas mendukung reusability, yang merupakan salah satu fackor penentu kualitas software. C++ mendukung karakteristik encapsulation dengan menggunakan konsep class. Setelah terbentuk, maka class akan bertindak sebagai entitas yang tenkapsulasi.



Dengan adanya konsep inheritance, maka C++ mendukung ide penggunaan ulang suatu object. Polymorphisme (Banyak Bentuk) pada bahasa C++ maksudnya adalah suatu konsep yang menyatakan sesuatu yang sama dapat memiliki berbagai bentuk dan perilaku yang berbeda.

  1. Menyiapkan Program C++
Source code C++ dapat ditulis pada text editor apapun. Baik itu digunakan pada sistem operasi Windows atau Unix (Linux, BSD, dsb). Walaupun demikian, lebih disarankan apabila digunakan dengan editor khusus C++, agar penggunaan tools yang lain lebih mudah.

  1. Kompilasi C++
Untuk mengubah source code menjadi sebuah program, kita gunakan compiler. Setelah source code tercompile, terbentuklah sebuah file objek dengan ekstension “ .obj “. File “ .obj “ ini belum merupakan sebuah program executable. Untuk membentuk program executable linker harus dijalankan. Jika program executable sudah diperoleh, walaupun di komputer anda tidak terinstall compiler C++ namun program masih tetap dapat dijalankan.



Saat ini banyak compiler C++ yang berada di pasaran, contohnyaa Borland C++, Turbo C++, Microsoft C++, C++ Builder, Visual C++ sampai pada compiler gratis seperti g++ di Unix.

Mau cari apa di blog ini?

4 komentar:

  1. Emmm...mesti genius yang cipta nikan..
    Aku tak paham..hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya bang. Amat sangat jenius.
      Saya juga masih belajar ni bang hehehe

      Hapus
  2. c++ agak senang kalau nak dibanding dengan microP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah belum mengenal microP sama sekali.
      Kapan-kapan bisa lah belajar dengan Abang Lukman ini :)

      Hapus

Pembaca yang budiman.
Silakan tinggalkan komentar.
We'll be glad to respond your comment(s). ^_^

Copyright© All Rights Reserved ayoraihprestasi.blogspot.com