(。◕‿◕。) RAIH PRESTASI



Assalamu'alaikum. Di dalam blog ini terdapat sekumpulan materi sekolah maupun kuliah. Ingin usul materi lain?
Silakan tinggalkan komentar / isi guest book di sidebar sebelah kanan ya.
Bagi-bagi ilmu sambil cari rezeki. Bismillah. Kami menjual aneka gamis, baju couple, sandal karakter, garskin HP, garskin notebook / laptop, stiker pengiriman, desain brosur, dll. Minat? Just comment. :)

Warm regards

-Ririt & Riana-

Kursor

Cute Hello Kitty 13

Rabu, 07 November 2012

KLIPING PENYAKIT-PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH PROTOZOA


Protozoa menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan ternak. Penyakit yang disebabkan protozoa antara lain :

Jenis Penyakit yang disebabkan oleh Protozoa:

·         Disentri
Disentri merupakan paradangan pada usus besar yang ditandai dengan sakit perut dan buang air besar yang encer secara terus menerus (diare) yang bercampur lender dan darah. Berdasarkan penyebabnya disentri dapat dibedakan menjadi, disentri amuba dan disentri basiller. Penyebab yang paling umum yaitu adanya infeksi parasit Entamoeba histolyca yang menyebabkan disentri amuba dan infeksi bakteri golongan shigella yang menjadi penyebab disentri basiller.


·         Diare (Balantidiosis)
Penyakit diare masih sering menimbulkan KLB (Kejadian Luar Biasa) seperti halnya kolera dengan jumlah penderita  yang banyak dalam waktu yang singkat. Namun dengan tata laksana diare yang cepat, tepat, dan bermutu kematian dapat ditekan seminimal mungkin. 
·         Penyakit tidur (Afrika)

·         Toksoplasmosis (kematian janin)
FAdalah penyakit Parasitik yang disebabkan oleh golongan Protozoa yaitu toxoplasma gondii. Sumber penularan (hospes definitive) adalah kucing dan juga burung, tikus, domba dan babi. Akibat yang dapat ditimbulkannya adalah pada ibu hamil penderita yang mengalami keguguran berkali-kali dan lahir deformatif (hydrocephalus, Mikrocephalus), terdapat kelainan Retinochorioditis dan Hepatosplenomegali. Hasil survei menyatakan 27,9 % semua darah manusia dan 19,2 % berbagai hewan positif Toxoplasmosis .
·         Malaria Tertiana
Malaria Tertiana (paling ringan), disebabkan plasmodium vivax, gejalanya demam setiap dua hari sekali setelah gejala pertama terjadi (dapat terjadi selama dua minggu setelah infeksi).
·         Malaria tropika
Malaria tropika/ falciparum malaria tropika merupakan bentuk yang paling berat, ditandai dengan panas yang ireguler, anemia, splenomegali, parasitemia yang banyak dan sering terjadi komplikasi. Masa inkubasi 9-14 hari. Malaria tropika menyerang semua bentuk eritrosit. Disebabkan oleh Plasmodium falciparum. Plasmodium ini berupa Ring/ cincin kecil yang berdiameter 1/3 diameter eritrosit normal dan merupakan satu-satunya spesies yang memiliki 2 kromatin inti (Double Chromatin).

Klasifikasi penyebaran Malaria Tropika:
Plasmodium Falcifarum menyerang sel darah merah seumur hidup. Infeksi Plasmodium Falcifarum sering kali menyebabkan sel darah merah yang mengandung parasit menghasilkan banyak tonjolan untuk melekat pada lapisan endotel dinding kapiler dengan akibat obstruksi trombosis dan iskemik lokal. Infeksi ini sering kali lebih berat dari infeksi lainnya dengan
angka komplikasi tinggi (Malaria Serebral, gangguan gastrointestinal, Algid Malaria, dan Black Water Fever).
  • Kalaazar
  • Surra (hewan ternak)
  • Entamoeba histolytica
  • Balantidium coli
  • Trypanasoma gambiense
  • Toxoplasma gondii

Toxoplasma gondii adalah spesies protozoa parasit pada genus Toxoplasma. T. gondii menyerang kucing, tetapi parasit dapat dibawa oleh semua mamalia. T. gondii menyebabkan penyakit toksoplasmosis.

·         Plasmodium vivax
Plasmodium vivax, merupakan infeksi yang paling sering dan menyebabkan malaria tertiana/ vivaks (demam pada tiap hari ke tiga).

·         Plasmodium malariae
Plasmodium malariae, jarang ditemukan dan menyebabkan malaria quartana/malariae (demam tiap hari empat). Plasmodium falciparum, memberikan banyak komplikasi dan mempunyai perlangsungan yang cukup ganas, mudah resisten dengan pengobatan dan menyebabkan malaria tropika/ falsiparum (demam tiap 24-48 jam).

·         Plasmodium falciparum
Plasmodium falciparum adalah protozoa parasit, salah satu spesies Plasmodium yang menyebabkan penyakit malaria pada manusia. Protozoa ini masuk pada tubuh manusia melalui nyamuk Anopheles betina. Plasmodium falciparum menyebabkan infeksi paling berbahaya dan memiliki tingkat komplikasi dan mortalitas malaria tertinggi.

·         Leishmania donovani

·         Trypanasoma evansi


Mau cari apa di blog ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang budiman.
Silakan tinggalkan komentar.
We'll be glad to respond your comment(s). ^_^

Copyright© All Rights Reserved ayoraihprestasi.blogspot.com