(。◕‿◕。) RAIH PRESTASI



Assalamu'alaikum. Di dalam blog ini terdapat sekumpulan materi sekolah maupun kuliah. Ingin usul materi lain?
Silakan tinggalkan komentar / isi guest book di sidebar sebelah kanan ya.
Bagi-bagi ilmu sambil cari rezeki. Bismillah. Kami menjual aneka gamis, baju couple, sandal karakter, garskin HP, garskin notebook / laptop, stiker pengiriman, desain brosur, dll. Minat? Just comment. :)

Warm regards

-Ririt & Riana-

Kursor

Cute Hello Kitty 13

Jumat, 05 Oktober 2012

TABEL PERBEDAAN MICROSOFT WINDOWS vs LINUX dalam SISTEM OPERASI

Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.
Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.


Bagian-bagian yang terdapat dalam Sistem Operasi:
  • Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  • Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS, contohnya adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, palm, symbian, dan sebagainya.

Sistem Operasi saat ini

Sistem operasi utama yang digunakan komputer umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:
  1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8.
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Musim panas 2011 direncanakan peluncuran versi 10.7 (Lion).

Unix dan Windows Dua Kelas Utama Sistem Operasi

Dan mereka memiliki sejarah yang kompetitif dan masa depan. Unix telah digunakan selama lebih dari tiga dekade. Awalnya bangkit dari usaha yang gagal pada awal tahun 1960 untuk mengembangkan sebuah sistem operasi time sharing handal. Sebuah
penyelamatan dari Bell Labs yang tidak menyerah untuk mengembangkan sebuah sistem yang menyediakan lingkungan kerja yang digambarkan sebagai "kesederhanaan yang tidak biasa, kekuatan, dan keanggunan”.

Sejak tahun 1980 pesaing Windows yang utama adalah Unix telah mendapatkan popularitas karena meningkatkan kekuatan mikro-komputer dengan Intel-kompatibel prosesor. Windows, pada saat itu, adalah satu-satunya OS utama yang dirancang untuk jenis prosesor. Dalam beberapa tahun terakhir, bagaimanapun, versi baru dari Unix yang disebut Linux, juga khusus dikembangkan untuk mikro-komputer, telah muncul. Hal ini dapat diperoleh secara gratis dan karena itu pilihan yang menguntungkan bagi individu dan bisnis.
Di depan server, Unix telah mendekati pangsa pasar Microsoft. Pada tahun 1999, Linux berlari melewati Novell Netware untuk menjadi server sistem operasi no.2 di belakang Windows NT. Pada tahun 2001 minat pasar untuk sistem operasi Linux adalah 25%, lainnya Unix 12%. Di depan klien, Microsoft saat ini mendominasi pasar sistem operasi dengan >90% pangsa pasar.

Karena pemasaran
agresif dari Microsoft, jutaan pengguna yang tidak tahu apakah sistem operasi itu telah menggunakan sistem operasi Windows yang diberikan kepada mereka ketika membeli PC baru. Banyak orang lain yang tidak menyadari bahwa ada sistem operasi lain selain Windows.


Berikut ini adalah tabel perbedaan antara OS Linux dan MIcrosoft Windows.
Tabel perbandingan antara OS Linux dan MIcrosoft Windows.

 
-->
Topic
Linux
Windows
Harga Mayoritas varian Linux yang tersedia secara gratis atau dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan Microsoft Windows. Microsoft Windows dapat menjalankan antara $ 50.00 - $ 150,00 dolar AS per setiap salinan lisensi.

Kemudahan Meskipun mayoritas Linux varian telah meningkat secara dramatis dalam kemudahan penggunaan, Windows masih jauh lebih mudah digunakan bagi pengguna komputer baru. Microsoft telah membuat beberapa kemajuan dan perubahan yang telah membuat jauh lebih mudah untuk menggunakan sistem operasi, dan meskipun bisa dibilang tidak mungkin menjadi sistem operasi paling mudah, masih lebih mudah daripada Linux.
Reliability Mayoritas varian Linux dan versi yang terkenal handal dan sering dapat berjalan selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun tanpa perlu reboot.

Meskipun Microsoft Windows telah membuat perbaikan besar dalam kehandalan selama beberapa versi terakhir dari Windows, tetap saja tidak bisa menandingi kehandalan Linux.
Software Linux memiliki berbagai macam program perangkat lunak yang tersedia, utilitas, dan permainan. Namun, Windows memiliki pilihan yang jauh lebih besar dari perangkat lunak yang tersedia. Karena jumlah besar pengguna Microsoft Windows, ada pilihan yang jauh lebih besar dari program perangkat lunak yang tersedia, utilitas, dan permainan untuk Windows.
Software Cost Banyak program perangkat lunak yang tersedia, utilitas, dan permainan yang tersedia di Linux adalah sumber freeware atau open. Bahkan program yang kompleks seperti seperti Gimp, OpenOffice, StarOffice, dan anggur tersedia secara gratis atau dengan biaya rendah. Meskipun Windows memang memiliki program perangkat lunak, utilitas, dan permainan gratis, sebagian besar program akan biaya manapun antara $ 20.00 - $200,00 + US dolar per copy.
Hardware Perusahaan Linux dan produsen hardware telah membuat kemajuan besar dalam dukungan hardware untuk Linux dan hari ini Linux akan mendukung perangkat keras yang paling. Namun, banyak perusahaan masih tidak menawarkan driver atau dukungan untuk perangkat keras mereka di Linux. Karena jumlah pengguna Microsoft Windows dan dukungan driver yang lebih luas, Windows memiliki dukungan yang jauh lebih besar untuk perangkat keras dan sebagian besar dari produsen hardware akan mendukung produk mereka di Microsoft Windows.

Mau cari apa di blog ini?

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus

Pembaca yang budiman.
Silakan tinggalkan komentar.
We'll be glad to respond your comment(s). ^_^

Copyright© All Rights Reserved ayoraihprestasi.blogspot.com