(。◕‿◕。) AYO RAIH PRESTASI



Assalamu'alaikum. Di dalam blog ini terdapat sekumpulan materi sekolah maupun kuliah. Ingin usul materi lain?
Silakan tinggalkan komentar / isi guest book di sidebar sebelah kanan ya.
Bagi-bagi ilmu sambil cari rezeki. Bismillah. Kami menjual aneka gamis, baju couple, sandal karakter, garskin HP, garskin notebook / laptop, stiker pengiriman, desain brosur, dll. Minat? Just comment. :)

Warm regards

-Ririt & Riana-

Kursor

Queens Crown

Jumat, 21 September 2012

KECERDASAN BUATAN (Artificial Intelligence)

Oleh: Entin Martiana Penyaji: Setiawardhana

Definisi Kecerdasan Buatan
  • Kecerdasan buatan adalah suatu studi yang mengupayakan bagaimana agar komputer berlaku cerdas dan dapat menyelesaikan persoalan yang sulit.
  • Kecerdasan buatan adalah teknologi yang mensimulasikan kecerdasan manusia, yaitu bagaimana mendefinisikan dan mencoba menyelesaikan persoalan menggunakan komputer dengan meniru bagaimana manusia menyelesaikan dengan cepat.

Sejarah Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan dicetuskan oleh seorang profesor dar I Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang bernama John McCarthy pada tahun 1956 saat terjadi Dartmouth Conference yang dihadiri oleh para peneliti AI.


Beberapa program AI yang mulai dibuat pada tahun 1956-1966, antara lain:
  • Logic Theorist, diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan teorema-teorema matematika.
  • Sad Sam, diprogram oleh Robert K. Lindsay (1960). Program ini dapat mengetahui kalimat-kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang didengar dalam sebuah percakapan.
  • ELIZA, diprogram oleh Joseph Weinzenbaum (1967). Program ini mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.

Persoalan-Persoalan yang Ditangani Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence):
  •  Persepsi (Vision danPercakapan) 
  •  Bahasa Alamiah (Pemahaman, Penurunan, Translasi)
  •  Persoalan Matematis (Geometri, Logic, KalkulusIntegral) 
  •  Kontrol Robot
  •  Analisa Financial
  •  Diagnosa Bidang Kedokteran
  •  Engineering (Desain, Penemuan kesalahan, Perencanaan Pabrik)
  •  Permainan (Game)
  •  Analisa Ilmiah


Sub Disiplin Ilmu dari Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence):
  • Sistem Pakar (Expert System). Disini komputer digunakan sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar. Dengan demikian komputer akan memiliki keahlian untuk menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki oleh pakar.
  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing). Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan user dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
  • Robotika dan Sistem Sensor (Robotics and Sensory Systems).
  • Pengenalan Ucapan (Speech Recognition). Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara. 
  • Machine Learning (Jaringan Syaraf Tiruan, Fuzzy Logic, Algoritma Genetika)  
  • Computer Vision, mencoba untuk dapat menginterpretasikan gambar atau obyek-obyek tampak melalui komputer.
  • Intelligent Computer-Aided Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.  


LINGKUP KECERDASAN BUATAN PADA APLIKASI KOMERSIAL

Dalam kehidupan manusia, komputer dapat membantu dalam bidang:
  • Pertanian, komputer dapat mengontrol robot yang melakukan kontrol terhadap hama, pemangkasan pohon, pemilihan hasil panen, dsb.
  • Pabrik, komputer dapat mengontrol robot yang harus mengerjakan pekerjaan berbahaya dan membosankan, inspeksi, dan melakukan maintenance pekerjaan.

KRITERIA SISTEM KECERDASAN BUATAN DIKATAKAN SUKSES adalah:
  • Apakah langkah-langkah penyelesaian didefinisikan secara lengkap?
  • Apakah langkah yang sudah didefinisikan dapat diimplementasikan sebagai sebuah procedure dalam komputer? Jika sulit diimplementasikan, maka system tersebut bukan system Kecerdasan Buatan.
  • Apakah didalamnya diidentifikasikan beberapa batasan? Jika tidak, procedure kemungkinan hanya dapat diterapkan pada contoh yang sedang dipilih, sedangkanpadapermasalahan lain metode ini tidak dapat diterapkan.

REFERENSI

Elaine Rich, Artificial Intelligence, Second Edition, Mc GrawHill, 1991
Dr. Tsuyoshi Usagawa, Artificial Intelligence
for D-3 Semester 6 of EEPIS-ITS,
http://lecturer.eepis-its.edu/~tessy
Patrick Henry Winston, Artificial Intelligence, Third Edition, Addison Wesley
Sandi Setiawan, Artificial Intelligence, AndiOffset, Yogyakarta, 1993


😊

4 komentar:

  1. akhirnya saya bisa lebih memahami tentang kecerdasan buatan setelah berkunjung di blog nan super ini :)

    BalasHapus
  2. Wah terimakasih. Semoga dapat membantu yaa. Terimakasih sudah berkunjung. :)

    BalasHapus
  3. kita juga punya nih artikel mengenai kecerdasan buatan, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2576/1/232.pdf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terimakasih. ^^
      Bisa menjadi tambahan pustaka bagi saya.

      Hapus

Pembaca yang budiman.
Silakan tinggalkan komentar.
We'll be glad to respond your comment(s). ^_^

Copyright© All Rights Reserved ayoraihprestasi.blogspot.com